Monday, November 14, 2011

Mencegah Kegemukan

Setiap orang,baik pria atau perempuan pastinya ingin memiliki tubuh yang ideal dan tidak ingin mengalami kegemukan. karena badan yang gemuk seringkali dianggap tidak sehat dan mengundang banyak penyakit. Selain itu tubuh yang gemuk juga kurang enak dilihat dari segi penampilan.




Ada beberapa cara untuk mencegah kegemukan, yaitu :

1. Batasi jumlah porsi setiap kali makan, kurangi karbohidrat seperti nasi dan roti. Sebaliknya, perbanyak konsumsi buah dan sayuran.

2. Hindari ngemil disela-sela waktu makan. Ngemil membuat jumlah makanan bertambah dan meningkatkan berat badan.

3. Segera tinggalkan meja makan, setelah usai makan. Jangan berlama lama duduk di meja makan atau ngobrol di meja makan. Hal ini untuk menghindari ngemil sisa laup pauk yang ada. Jika ingin berbicara banyak, pindahlah ke tempat lain.

4. Hindari makan sambil membaca atau menonton TV, karena tanpa disadari, kebiasaan ini, akan membuat kita makan lebih banyak. Berkonsentrasilah saat makan. Ingat aturan yang telah disepakati.

5. Usahakan makan lebih awal di malam hari, minimal dua jam menjelang tidur. Hal ini dimaksudkan agar sebagian makanan bisa dimanfaatkan untuk memenuhi energi yang dikeluarkan selama melakukan aktivitas...

No comments:

Post a Comment