Thursday, January 28, 2010

Latihan Untuk Mengatasi Sakit Pinggang

Sakit pinggang sering kali datang ketika bangun tidur atau setelah kita cape bekerja, dan hal itu sangat mengganggu karena sakitnya yang "lumayan". berikut ada latihan untuk mencegah terjadinya sakit pinggang :

1. Meregangkan otot pinggul dan pantat
Tidur telentang, kemudian angkat satu lutut kanan atau kiri ke dada tahan dengan kedua tangan,setelah beberapa hitungan kemudian kembali ke posisi awal. lakukan untuk kedua lutut kanan dan kiri.

2. Menguatkan otot pinggang dan perut
Posisi badan merangkak, kepala sejajar dengan lantai, lalu lekukan punggung ke atas dan ke bawah secara perlahan-lahan, lakukan untuk beberapa kali hitungan. gerakan ini bertujuan agar tulang punggung menjadi tidak tegang.

3. Menguatkan pinggul, pantat dan pinggang
Tidur telungkup, kedua tangan dilipat dibawah dagu, perlahan-lahan angkat satu kaki ke atas,tapi jangan terlalu tinggi, kemudian turunkan secara perlahan-lahan dan ulangi untuk kaki yang lain.

4. Menguatkan otot perut
Tidur telentang, kedua lutut dibengkokkan, silangkan kedua tangan ke atas dada, setelah itu naikan kepala dan bahu dari lantai, tahan beberapa hitungan dan kembali ke posisi awal.

5. Meregangkan pinggang
Tidur telentang lurus, tekuk kaki kanan dan angkat ke kiri melewati atas kaki kiri. usahakan posisi badan tetap lurus, tidak mengikuti arah kaki kanan. posisi ini akan membuat pinggang berputar dan terjadi peregangan. lakukan gerakan serupa dengan kaki kiri.

6. Menetralkan paha
Tidur telentang, angkat kaki kanan dan tarik dengan kedua tangan sampai menempel ke dada, tahan beberapa hitungan. lakukan hal yang sama dengan kaki kiri

Itulah beberapa gerakan yang bisa dilakuakn untuk mencegah terjadinya sakit pinggang. Selamat mencoba :)

No comments:

Post a Comment